MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Sabtu Bersih - Wujudkan Matsaga Peduli Lingkungan


MTs Negeri 3 Kebumen merupakan madrasah adiwiyata yang sudah memperoleh juara Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi. Perolehan juara tersebut menjadikan motivasi bagi MTs Negeri 3 Kebumen untuk menjadi lebih baik dan lebih peduli terhadap lingkungan. Program Sabtu Bersih menjadi salah satu program madrasah untuk menciptakan madrasah yang cinta dan peduli terhadap lingkungan. Program Sabtu Bersih sendiri dimulai dicanangkan sejak pertemuan tatap muka (PTM) berlangsung. Program ini diwajibkan untuk semua warga madrasah, mulai dari peserta didik, guru, maupun karyawan supaya membersihkan area lingkungan masing-masing. Bagi peserta didik diwajibkan membersihkan lingkungan kelas dan sekitarnya didampingi oleh wali kelas masing-masing. Sedangkan untuk guru dan karyawan membersihkan lingkungan kerja masing-masing. Sabtu Bersih berlangsung kurang lebih selama satu jam dilakukan setelah jam tahfiz selesai.

Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, H. Jahroni, M. Pd.I. menegaskan kegiatan Sabtu Bersih ini akan diadakan sebagai rutinitas untuk ‘memaksa’ semua warga madrasah agar mau dan peduli dengan lingkungan sekitar. “Kita berusaha menanamkan cinta dan peduli lingkungan kepada seluruh warga madrasah dimulai dari sekarang dan harus kita paksakan dulu. Karena dengan awalnya terpaksa, nanti diharapkan menjadi kebiasaan, setelah menjadi kebiasaan akan menjadi kebutuhan. Nantinya diharapkan semua warga madrasah menjadi pribadi yang peka terhadap lingkungan. Misal ada sampah, langsung diambil. Tempat kerja kita kotor langsung dibersihkan. Jadi, intinya semua warga madrasah menjadi peka dan peduli terhadap lingkungan.” tambahnya.

Peserta didik menyambut antusias program “Sabtu Bersih” ini. Semua peserta didik membersihkan lingkungan kelas masing-masing sampai ke halaman kelas. “Senang sih bu. Saya senang dengan Sabtu Bersih. Karena kelas menjadi bersih, debu tidak menumpuk, langit-langit juga menjadi bersih. Lebih rapi aja bu kelasnya” tutur Tira Ravela (8E) mengenai Program Sabtu Bersih. Mufid, M. PFis selaku koordinator adiwiyata menegaskan tujuan dari Sabtu Bersih supaya peserta didik dan warga madrasah senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, bertanggung jawab akan lingkungan sekitar dan melatih kesadaran warga madrasah untuk peduli terhadap lingkungan.

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN