MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Matsaga Terapkan Ujian Madrasah Secara Online


Sesuai dengan Surat Keputusan Jenderal Pendidikan Islam Nomor 752 Tahun 2021 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021, MTs Negeri 3 Kebumen mengadakan Ujian Madrasah secara online. Ujian Madrasah dengan aplikasi E-Learning Madrasah tersebut dilaksanakan terhitung mulai tanggal 22 Maret hingga 5 April 2021.

Sejumlah 281 siswa kelas IX mengikuti ujian madrasah yang terbagi ke dalam 4 sesi. Teknis pelaksanaan ujian yang dibagi ke dalam 4 sesi bertujuan untuk mengurangi kerumunan siswa. Setiap sesi tersebut dibagi ke dalam enam ruang ujian. Dalam setiap ruangan hanya diisi paling banyak 16 siswa sehingga jarak peserta satu dengan yang lainnya memenuhi standar jarak protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Selain itu, peserta dan pengawas ujian wajib mematuhi protokol kesehatan.

Kepala MTs.N Kebumen 3 H. Jahroni menjelaskan, dalam penerapan prokes 5M, seluruh siswa yang datang diukur suhu badannya dan diminta mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki ruang ujian. Peserta dan panitia serta seluruh pengawas juga diwajibkan memakai masker. Ruangan ujian dipersiapkan dengan secara rutin disemprot disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan ujian.

Pada pelaksanaannya lanjut H. Jahroni, Siswa mengerjakan ujian madrasah dengan menggunakan HP masing-masing. Apabila siswa menemui kendala atau HP yang dimiliki rusak, siswa dapat mengerjakan ujian madrasah di ruang lab Komputer. Sementara bagi siswa yang memang sedang sakit dapat mengerjakan ujian madrasah dari rumah.

Jahroni, berharap pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar dan siswa dapat meraih nilai yang memuaskan.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Kebumen, Hj. Suwaibatul Aslamiyah saaat melakukan monitoring ujian madrasah di MTs Negeri 3 Kebumen (24/03), beliau mengapresiasi dan berterima kasih atas teknis pelaksanaan ujian madrasah yang tetap memperhatikan protokol kesehatan. “Saya mengucapkan terimakasih atas penerapan prokes 5M pada kegiatan ujian ini,” ucapnya.

Dia juga turut mendoakan semoga ujian yang dilaksanakan secara online ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar. (qq/id)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN