MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Ziarah Waliullah, Salah Satu Wujud Penerapan P5 di MTs Negeri 3 Kebumen


Kutowinangun - Tahun ajaran 2022/2023 merupakan babak baru untuk peserta didik kelas VII di MTs Negeri 3 Kebumen. Penerapan IKM (Impementasi Kurikulum Merdeka) mulai diberlakukan. Salah satunya adalah penilaian untuk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang biasa disebut P5. Kegiatan P5 yang pertama ini mulai dilaksanakan Senin – Sabtu, 15 – 20 Agustus 2022 dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya dan Berkeadaban serta nilai-nilai P5 dan Rahmatan Lilalamin beriman, bertagwa, dan berakhlak mulia, mandiri, kreatif, dan gotong royong.

Peserta didik yang berjumlah 331 melaksanakan ziarah ke Makam Waliullah Syeh Abdul Awwal dan Syeh Anom. Kedua makam Waliullah tersebut berada di Kecamatan Petanahan dan ziarah dilaksanakan Kamis, 18 Agustus 2022. Kegiatan itu dilaksanakan setelah diadakan penilaian setiap kelompok dengan bacaan Yassin, tahlil, dan doa. Jumat, 19 Agustus 2022 peserta didik menyusun laporan terkait kegiatan yang sudah dilaksanakan sedangkan Sabtu, 20 Agustus 2022 masing-masing mempresentasikan laporan yang sudah disusun.

Dalam kegiatan P5, H. Jahroni selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen menyampaikan pernyataannya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan enam ciri utama yakni beriman, bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

“Dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila tersebut MTsN 3 Kebumen mengadakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan mengambil tema bangunlah jiwa raga dan berkeadaban,” imbuhnya.

Kegiatan yang dipilih adalah praktek ziarah makam Pahlawan Nasional, pendiri madrasah, atau makam Waliyullah. Harapan dari kegiatan tersebut supaya peserta didik mempunyai kemampuan tata cara ziarah kubur yang benar, dapat melafalkan dan menghafalkan rangkaian doa-doa ziarah kubur, dapat menjadi imam saat ziarah kubur. Di samping peserta didik terbiasa untuk membangun kerja sama (gotong royong) juga dapat menyelesaian laporan setiap kegiatan. (nh/dw)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN