MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Antusiasme Peserta Didik MTs Negeri 3 Kebumen Mengikuti Pelatihan Jurnalistik Praktis


Senin, 9/10/ 2023 MTs Negeri 3 Kebumen mengadakan Pelatihan Jurnalistik Praktis.. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari berturut turut, mulai 9 s.d. 11 Oktober 2023. Pelaksanaan pelatihan dimulai pukul 7.30 - 16.00 WIB dan bertempat di aula MTs Negei 3 Kebumen.  Kegiatan tersebut diikuti oleh 27 peserta didik Matsaga Jurnalistik Club (MJC) dan 16 guru dan karyawan. Ke-27 peserta sangat antusias mengikuti acara dari awal sampai selesai dengan Mustolih sebagai narasumber.

Pelatihan Jurnalistik Praktis ini diadakan dalam rangka melaksanakan program ekstra jurnalistik. Salah satunya adalah menerbitkan majalah sebagai produk dari pelatihan.          

Mustolih dipilih sebagai narasumber karena beliau merupakan jurnalis Kebumen News. Beliau memyampaikan tagline "Menulis itu Menyenangkan" sebagai pembangkit semangat peserta pelatihan.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah. Kemudian sambutan Kepala MTs Negei 3 Kebumen sekaligus membuka Pelatihan. Dalam sambutannya Muhdir menyampaikan bahwa literasi zaman sekarang berkaitan dengan tulis menulis masih dibutuhkan untuk menggali kreativitas peserta. Beliau juga menyampaikan bahwa di zaman yang serba digital, media dalam bentuk cetak masih dibutuhkan sebagai contoh majalah.

“Anak-anak, kalian itu passionnya berbeda-beda, ada yang bisa menulis artikel, cerpen, atau puisi atau bisa yang lainnya. Oleh karena itu, kalian diarahkan mengikuti pelatihan untuk menghasilkan produk berupa majalah,” kata Muhdir.

Mustolih selain menyampaikan materi reportase, feature, dan artikel juga banyak memberi motivasi dan secarik pengalaman hidup sebagai penyemangat peserta pelatihan. Di hari ketiga Rabu, 11 Oktober 2023 peserta langsung mengaplikasikan ilmu dari narasumber dengan menyusun berita, artikel, dan feature dengan melalui beberapa tahapan. (nh/as)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN