MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Delapan Puluh Guru Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Negeri 3 Kebumen


Kutowinangun, Bimtek atau Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) diadakan di MTs Negeri 3 Kebumen sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan salah satu program dari beberapa program kerja kerja KKM MTsN 3 Kebumen. Bimtek tersebut dilaksanakan selama 4 hari mulai Senin-Kamis, 13 s.d 16 Februari 2023 di aula MTs Negeri 3 Kebumen dengan tiga hari in dan satu hari on di madrasah masing-masing. Bimtek itu sendiri diikuti oleh 80 guru dari perwakilan 7 MTs di wilayah KKM MTs Negeri 3 Kebumen.

Tujuh MTs itu meliputi MTs Al Hidayah Babadsari, MTs GUPPI Ambal, MTs Hidayatushibyan Karangsari, MTs Ma’arif Ambarwinangun, MTs Ma’arif Lumbu, MTs Ma’arif Ambarwinangun, MTs Miftahul Huda Mangunranan, dan MTs Negeri 3 Kebumen. Masing-masing madrasah mengirimkan guru sesuai jumlah mata pelajarannya yaitu 15 perwakilan.

Dalam kegiatan tersebut Muhdir, M. Pd.I  Kepala MTs Negeri 3 Kebumen bertindak selaku ketua KKM MTsN 3 Kebumen menyampaikan sambutannya bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya peningkatan mutu madrasah di lingkungan KKM MTs Negeri 3 Kebumen. Disamping itu sebagai persiapan pelaksanan IKM di madrasah  anggota KKM MTs Negeri 3 Kebumen yang baru akan menerapkan pada tahun pelajaran 2023/2024 maka perlu dipersiapkan secara matang. Sedangkan MTs Negeri 3 Kebumen sudah melaksanakan IKM sejak tahun pelajaran 2022/2023.

Selain program Bimtek KKM MTs Negeri 3 Kebumen juga mempunyai program lainnya di antaranya sharing penyusunan kisi-kisi soal PTS, PAS, PAT dan silaturahmi guru karyawan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asadudin, S. Ag., M. Pd, Dalam sambutannya Ibnu sekalian memberikan pembinaan bahwa kurikulum di Indonesia sudah mengalami 11 kali perubahan. Untuk kurikulum Merdeka perubahan nomor 11. Beliau bepesan agar para guru bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan kurikulum .

“Materi Pembelajaran adalah sesuatu yang penting, tetapi metode pembelajaran jauh lebih penting daripada materi pembelajaran. Metode pembelajaran adalah sesuatu yang penting, tetapi guru jauh lebih penting daripada metode pembelajaran. Dan jiwa (ruh) seorang guru lebih penting daripada guru itu sendiri” tegas Ibnu.

Bimtek akan diisi oleh pengawas Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen sebagai narasumber dan dibantu oleh beberapa guru yang sudah mengikuti ToT (Training of Trainers) IKM. (nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN