MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Hebat! MTsN 3 Kebumen Raih Juara 3 Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022 Tingkat Nasional


Kutowinangun-  MTsN 3 Kebumen berhasil meraih juara 3 pada Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022 Tingkat Nasional yang digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tanggal 22-23 November 2022. MTsN 3 Kebumen berhasil mengalahkan peserta lainnya pada kategori Robot Inovasi. Peserta didik yang berhasil membawa harum MTs Negeri 3 Kebumen adalah Mohamad Hamdan Rifa'i dan Hidayat Nuha Ilmawan dengan didampingi pembina Siti Arbangatun, S. Pd.

MRC tahun 2022 merupakan kompetisi robotic madrasah yang ke-8. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh madrasah di Indonesia mulai dari jenjang MI, MTs, dan MA. MRC tahun 2022  mengusung tema “The Next Generation of Robot: Making Better Life”. Dengan subtema yang pertama “Robot for School”yakni  membuat robot untuk mempermudah pembelajaran di madrasah masing-masing. Kedua, “Robot for house”untuk mengidentifikasi persoalan-persoalan yang ada di rumah. Ketiga, Robot for Environment untuk mengidentifikasi persoalan di lingkungan sekitarnya. Kategori MRC tahun ini dibagi menjadi tiga, Inovation Robot, Battle Robot,  dan Mobile Robot.

MTsN 3 Kebumen mengikuti kategori “Robot Inovasi”dengan judul “Robot Pembersih Peralatan Makan Berbasis Adiwiyata”.

“Cara kerja robot tersebut adalah dengan memanfaatkan permukaan yang gelap. Saat pintu ditutup, kedua IR sensor akan mengirim sinyal ke masing-masing mainboard. IR kanan akan mengirim sinyal ke mainboard kanan dan menyalakan lampu hijau. Sedangkan IR kiri akan mengirim sinyal ke mainboard kiri dan akan menggerakkan servo untuk menyalakan pompa air. Saat air mengenai water sensor maka sensor tersebut akan mengirim sinyal ke mainboard kanan yang akan menggerakan kedua motor untuk memutar sikat dan menyalakan lampu merah. Setelah beberapa saat motor akan berhenti lalu servo akan bergerak untuk mematikan pompa air dan menyalakan kipas. Setelah beberapa saat, kipas akan berhenti dan lampu kuning akan menyala sebagai indikasi bahwa mesin telah berhenti. Lalu kita dapat mengambil peralatan makan yang sudah selesai dicuci.” jelas Siti Arbangatun, S.Pd. selaku pembimbing robotic.

Seluruh warga madrasah sangat bangga dengan capaian prestasi tim robotic yang sudah berjuang di MRC tingkat Nasional. Muhdir, M.Pd.I. selaku Kepala MTsN 3 Kebumen sangat mengapresiasi atas capaian tersebut.

“Luar biasa robot kita bisa juara 3 tingkat Nasional. Semoga kedepan bisa lebih baik lagi dan dapat memotivasi peserta didik lain.” ungkapnya.

(Tim Jurnalistik)

 

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN