MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Ibnu Baihaqi, Peserta Didik MTsN 3 Kebumen ikuti OSN Tingkat Nasional


Kutowinangun-Salah satu peserta didik  MTsN 3 Kebumen berhasil lolos mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional bidang IPS. Peserta didik tersebut yaitu Ibnu Baihaqi, salah satu peserta didik dari program Full Day Scholl (FDS) MTsN 3 Kebumen. Ibnu berhasil lolos dari babak penyisihan mengalahkan ribuan peserta lain.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan sebuah kompetisi yang diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun. Tahun ini, salah satu peserta didik MTsN 3 Kebumen berhasil lolos mengikuti OSN Tingkat Nasional. Sebelumnya pada tanggal 27 dan 28 Juli 2022 Ibnu mengikuti pembekalan peserta dari Dinas Provinsi Jawa Tengah selama dua hari di Hotel Candi Indah Semarang didampingi oleh guru pendamping Olimpiade, Ari Purwati, S. Pd. Selain itu, sebelumnya peserta wajib mengikuti tes observasi dengan  membuat video sesuai pilihan tema yang sudah ditentukan oleh panitia OSN.

“Kami mengambil tema kuliner di daerah Kebumen yaitu sate Ambal, kami melakukan observasi ke sate Ambal kemasan ‘Allisha’ yang beralamat di Tambak Rejo Buluspesantren. Karena unik memakai tempe sebagai bahan baku sambal sate dan rasanya enak.” tutur Ari Purwati selaku pembina Olimpiade IPS.

Pelaksanaan OSN berlangsung secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom dengan peraturan yang ketat. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni mulai Selasa, 2 Agustus sampai Rabu 3 Agustus 2022. Ibnu memilih lokasi pelaksanaan OSN di laboratorium komputer MTsN 3 Kebumen.

“Masuk ruang Zoom itu 1 jam sebelum pelaksanaan, 1 ruang Zoom diisi hanya 17 peserta. Kebetulan saya nomor urut 5 jadi masuk ruang Zoom 1,” ujar Ibnu.

Kepala MTsN 3 Kebumen, H. Jahroni, M. Pd. I. berharap Ibnu bisa mendapatkan juara dan membawa nama baik madrasah.

“Semoga diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam mengikuti OSN Tingkat Nasional ini serta bisa membawa nama baik madrasah khususnya di Kabupaten Kebumen,” tuturnya.(dw/nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN