MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Kaling MTs Negeri 3 Dilatih Budidaya Sawi Pakcoy


Kutowinangun-Sabtu (20/4/2024) Kader Lingkungan (Kaling) MTs Negeri 3 Kebumen dilatih menanam sawi pakcoy dengan cara hidroponik. Kegiatan penanaman budidaya berada di lokasi penanaman hidroponik tepatnya di depan ruang guru. Penanaman budidaya  sawi pakcoy diikuti oleh pembina dan kader kaling.

 

Salamun, S.Ag selaku koordinator kaling mengatakan tempat hidroponik disusun bertingkat. Air dialirkan dalam pipa – pipa,  sehingga air dapat terus mengalir dari atas sampai ke bawah tanpa berhenti. Air ini diberi nutrisi non pestisida dan di atasnya tersimpan pot-pot kecil berlubang berisi bibit sayuran di dalamnya.

 

Guru pembimbing pembibitan tanaman hidroponik yang merupakan salah satu pembina ekstra kurikuler Kaling Dwi Astuti, S.Pd.  mengatakan cara menanam bibit sawi pokcoy.

“Cara menanam bibit sawi pokcay sangat mudah dengan merendam dengan air selama satu malam kemudian dikeringkan lalu diletakkan di rockwool per bijinya didiamkan selama 15 hari. Setelah 15 hari baru timbul daunnya yang kemudian didiamkan selama 1 bulan untuk dipindah ke tempat hidroponik,’ urai Dwi.

 

Dipilih bibit sawi pakcoy menurut Dwi Astuti merupakan jenis sayuran yang dapat membantu meningkatkan imun tubuh karena kandungan gizinya yang lengkap. Sawi pakcoy mengandung protein, karbohidrat, Ca, P, Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin C. Dengan kandungan yang ada dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan rasa gatal ditenggorokan pada penderita batuk, penyembuh sakit kepala, pembersih darah, memperbaiki fungsi ginjal, serta memperbaiki dan memperlancar pencernaan.

“Selain itu biji sawi pakcoy juga dapat dimanfaatkan sebagai minyak serta pelezat makanan. Penanaman sayuran sawi pakcoy tergolong mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas sehingga mudah dibudidayakan,” tambahnya.

 

Kepala Madrasah MTs Negeri 3 Kebumen Muhdir M.Pd.I. mengatakan dengan praktik penanaman budidaya sawi pakcoy diharapkan dapat menambah edukasi kepada keluarga besar MTs Negeri 3 Kebumen khususnya peserta didik.

“Dengan kegiatan menanam bibit sawi pokcay diharapkan peserta didik bisa mempraktikkan budidaya sayuran sehat untuk dikonsumsi sehari-hari sebagai asupan makanan bergizi di rumah masing-masing sehingga peserta didik sehat dan berprestasi,” ujar Muhdir. (sm/aw/nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN