MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Kenalkan Perpustakaan, Perpustakaan MTs Negeri 3 Kebumen Adakan Pendidikan Pemakai


Perpustakaan merupakan salah satu bagian penting dalam suatu lingkungan pendidikan. Perpustakaan sekolah membantu menunjang keberhasilan pelaksanaan kegiatan mengajar di sekolah/madrasah.  Begitu pentingnya perpustakaan bagi madrasah, Perpustakaan adakan pendidikan pemakai perpustakaan bagi peserta didik baru. Kegiatan dilaksanakan pada senin, 18 Juli 2022.

Perpustakaan yang pernah meraih juara 1 tingkat kabupaten itu mempunyai beberapa program tahunan, salah satunya yaitu pendidikan pemakai perpustakaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap awal tahun pelajaran. Kegiatan ini ditujukan bagi peserta didik baru. Tujuannya untuk mengenalkan perpustakaan dan menjelaskan tata tertib serta cara penggunaan perpustakaan. Kegiatan ini bersamaan dengan pelaksanaan Matsama di MTs Negeri 3 Kebumen.

Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, H.Jahroni, M.Pd.I. mendukung adanya pelaksanaan kegiatan tersebut. Dengan kegiatan tersebut Jahroni berharap peserta didik baru bisa memaksimalkan fasilitas yang ada di madrasah. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, nantinya peserta didik baru bisa maksimal memanfaatkan perpustakaan karena sudah dijelaskan aturan dan tata caranya.” ungkapnya.

Kegiatan diikuti oleh seluruh peserta didik baru yang berjumlah 10 kelas. Pelaksanaan pendidikan pemakai perpustakaan berlangsung di ruangan perpustakaan Habibie Library MTs Negeri 3 Kebumen. Proses pelaksanaan kegiatan tersebut dibagi menjadi lima sesi. Setiap sesi terdiri dari dua kelas.

“Karena ruangan tidak memungkinkan untuk menampung peserta didik baru yaang lebih dari 300 anak, jadi kita buat sesi saja. Kita juga menyesuaikan waktu dengan kegiatan Matsama yang lainnya.” tegas Puji Astuti, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Perpustakaan MTs Negeri 3 Kebumen.

Pendidikan pemakai perpustakaan diisi langsung oleh Kepala Perpustakaan dan pustakawan Perpustakaan MTs Negeri 3 Kebumen. Peserta didik dijelaskan mengenai tata tertib, cara absensi, cara peminjaman dan pengembalian, jenis-jenis ruangan perpustakaan, serta tempat koleksi yang ada di perpustakaan. Peserta didik terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Seperti tahun sebelumnya, Perpustakaan Habibie Library MTs Negeri 3 Kebumen juga memberikan apresiasi kepada peserta didik yang paling banyak meminjam dan memanfaatkan koleksi perpustakaan. Apresiasi tersebut berupa penobatan sebagai Sahabat Literasi.

Adanya pendidikan pemakai perpustakaan dan apresiasi bagi pemustaka diharapkan bisa memotivasi peserta didik baru untuk menggunakan fasilitas perpustakaan yang sudah disediakan. Selain itu, peserta didik baru juga diharapkan mematuhi tata tertib yang berlaku di perpustakaan MTs Negeri 3 Kebumen. (dw/fz)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN