MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Lima Puluh Delapan Siswa, Ikuti Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Remaja


MTs Negeri 3 Kebumen menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Remaja. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, mulai Senin - Selasa, 10-11 Juni 2024 di aula MTs Negeri 3 Kebumen. Kegiatan tersebut diikuti 58 peserta yang berasal dari kelas Riset dengan tema “Menulis Dimulai dari Sekitar Kita”

 Tujuan pelatihan ini diharapkan peserta dapat memperdalam ilmu tulis menulis sebagai bekal mengikuti ajang perlombaan Myres (Madrasah Young Researchers Supercamp) yaitu sebuah ajang lomba karya tulis ilmiah madrasah berbasis riset bagi siswa MTs dan MA tahun  2024. Dalam kegiatan tersebut MTs Negeri 3 Kebumen menggandeng Alfi Nurulrokhimah S.Pd dari pembimbing Myres yang sudah berpengalaman mengantarkan anak didiknya ke-26 besar tingkat nasional. Pembimbing berpesan agar peserta fokus dan serius agar benar-benar memperoleh hasil yang maksimal serta memberi manfaat untuk madrasah, orang tua, dan bangsa.  

Dalam sambutannya Kepala MTs Negeri 3 Kebumen Muhdir, M. Pd. I memberi nasihat kepada generasi milinial untuk memiliki hobi membaca dan menulis seperti diperintahkan oleh Allah SWT dalam Q.S Al-‘Alaq.

“Kalian sebagai generasi milinial harus cinta menulis sesuai dengan wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam Q.S Al‘Alaq ayat pertama terdapat lafaz Ïqro” yang artinya bacalah. Kita sudah diperintah oleh Allah untuk membaca. Ayat tersebut diakhiri dengan ‘Allama Bil Qolam artinya menulis. Apa yang kita baca setelah itu kita tulis sehingga daya ingat keilmuan tersimpan dalam memori otak kita. Jadikan menulis itu hobi kita sejak dini sehingga menulis akan menjadi kebiasaan yang kita lakukan setiap hari,” terangnya. (aw/nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN