Matsaga Bersholawat Peringati Hari Santri Nasional 2022 dan Maulid Nabi Muhammad SAW


Kebumen- Melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. MTs Negeri 3 Kebumen turut peringati Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2022 mulai pukul 07.00 di halaman madrasah. Sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan bersholawat bersama.

Matsaga Bersholawat sebagai wujud peringatan Hari Santri Nasional di MTsN 3 Kebumen. Kegiatan berlangsung sangat meriah dengan diikuti oleh seluruh warga MTsN 3 Kebumen. Kegiatan diawali dengan apel Hari Santri Nasional yang dipimpin langsung oleh Muhdir, M.Pd.I. selaku Kepala MTsN 3 Kebumen. Tema Hari Santri tahun ini adalah “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Maksudnya adalah santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia, mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara sesuai sambutan Menteri Agama pada Upacara Peringatan Hari Santri.

Selepas apel, kegiatan dilanjutkan simakan Quran yang dibacakan oleh beberapa peserta didik dari kelas 7, 8, dan 9 yang merupakan program unggulan Tahfiz. Muhdir dalam sambutannya mengimbau kepada peserta didik untuk menteladani dan mencintai Nabi Muhammad SAW. Sedangkan cara-cara dalam mencintai Rasulullah ada enam, di antaranya: bershalawat dengan khuyuk, banyak membaca shalawat, menjalankan sunah-sunah Rasul, menjauhi larangan-larangan Rasulullah, mengamalkan Quran dan mempelajarinya, mencintai ahlul bait, keluarga Rasulullah, para sahabat, dan ulama, mencintai sesama manusia, dan menjaga ukhuwah.

“Mudah mudahan kita bisa melanjutkan perjuangan para syuhada dan para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan. Seriuslah dalam belajar, dan berkaryalah sebaik mungkin” pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Gus Sholihun Choiri dari Ponpes Al Huda Jetis Kebumen selaku pembicara menyampaikan pesan kepada peserta didik MTsN 3 Kebumen sebagai santri harus memiliki ciri khas di antaranya menghormati orang tua dan orang yang mengajarkan agama, cinta NKRI, serta cakap dalam situasi apa pun.

Acara dilanjutkan kembali dengan shalawat bersama yang dipimpin oleh Gus Sholihun Choiri diiringi hadroh Tibbil Qulub Matsaga sekaligus menutup acara dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama. (Tim Jurnalistik)

 

Copyright © 2020 - 2023 MTs NEGERI 3 KEBUMEN