MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Matsaga Jurnalistik Club Gelar Pelatihan Jurnalistik Praktis "Menulis Itu Asyik dan Menyenangkan"


Kebumen (17/10/2024) – Matsaga Jurnalistik Club MTs Negeri 3 Kebumen kembali menggelar Pelatihan Jurnalistik Praktis bertajuk "Menulis Itu Asyik dan Menyenangkan" pada tanggal 14- 16 Oktober 2024. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh anggota ekstrajurnalistik yaitu Matsaga Jurnalistik Club, kepala madrasah, para wakil kepala (waka), kepala tata usaha (TU), serta guru pendamping jurnalistik.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, Muhdir, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan motivasi kepada peserta dan pentingnya profesionalisme dalam pekerjaan.

"Setiap orang akan bekerja sesuai dengan kemampuan atau keahliannya. Seseorang mampu mengerjakan tugasnya untuk menghasilkan uang yaitu salah satunya sebagai penulis profesional. Kalian nanti juga akan bisa menjadi penulis yang profesional berasal dari MTs Negeri 3 Kebumen dan dari pelatihan ini," ungkapnya.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber utama dari Kebumen News, Dr. Mustolih, S.Pd.I., M.Pd., yang memberikan materi mendalam tentang seluk-beluk dunia jurnalistik. Dalam paparannya Mustolih menjelaskan bagaimana menjadi seorang jurnalis yang andal dan profesional, serta mengupas tuntas dasar-dasar penulisan berita, feature, dan artikel yang menarik.

Selain itu, peserta pelatihan juga mendapatkan sesi praktik dalam pembuatan flip book yang akan digunakan untuk menerbitkan majalah tahunan Gema Matsaga 2024. Sesi ini dipandu oleh Aditya Budi Imanda, S. Kom. salah satu guru pendamping ekstra jurnalistik. Imanda memberikan pelatihan teknis bagaimana merancang dan menyusun majalah dalam format flip book yang menarik dan interaktif.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan jurnalistik para siswa, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dalam menulis serta memproduksi karya-karya berkualitas yang bisa dipublikasikan, baik di lingkungan sekolah maupun di luar.

Pelatihan ini juga menjadi langkah awal dalam persiapan penerbitan majalah Gema Matsaga edisi 6 tahun 2024. Rencana majalah akan menampilkan karya-karya terbaik dari para anggota Matsaga Jurnalistik Club. (as/nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN