MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

MTs Negeri 3 Kebumen Gelar Karya P5 dan P2RA


Dalam rangka mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) 3 Kebumen menyelenggarakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasiala (P5) dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5-RA). Kegiatan ini dilaksanakan   selama satu minggu,  mulai hari Rabu-Selasa, 3-9 Februari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas 7 dan 8 yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Selama satu minggu kegiatan dilaksanakan di lingkungan madrasah.

Kepala MTs Negeri 3 Kebumen melalui Waka Kurikulum Mistam, M.Pd. I. dalam sambutannya menyampaikan tentang tema, proyek, kegiatan, dan tujuan P5 dan P2RA.

“Kegiatan P5P2RA kali ini mengambil tema Kewirausahaan, Inovatif dan Dinamis, sedangkan proyeknya Kembangkan Potensi Dirimu. Kegiatan ini bertujuan supaya siswa-siswi dapat   mengembangkan bakat minat sesuai amanah dalam Kurikulum Merdeka. Adapun kegiatan untuk kelas 7 yaitu Pentas Seni sedangkan kegiatan kelas 8 Market Day,” urai Mistam.

Mistam juga mempertegas bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk mengembangkan karakter, akhlakul karimah, gotong royong, kreatif, berkeadaban atau kesopanan. Setiap kelas 7 menampilkan 4 jenis pentas yaitu pentas tari, bernyanyi, musikalisasi puisi dan drama.

Puncak kegiatan P5 dan P2RA tepatnya Sabtu-Senin, 3, 5 Februari 2024, siswa tampil pentas di panggung gelar karya P5 dan P2RA. Pentas itu dilaksanakan di halaman madrasah dan disaksikan seluruh kelas 7 dan 8. Dalam pentas seni tersebut diambil juara 1, 2 dan 3 dan diakhir kegiatan siswa menyusun laporan.

Untuk materi P5 dan P2RA kelas 8 yaitu pengenalan market day, pembentukan kelompok, perencanaan Market Day, penyusunan waktu pelaksanaan Market Day, persiapan (monitoring), pelaksanaan Market Day kemudian penyusunan dan presentasi hasil laporan serta refleksi bersama wali kelas dan pendamping. 

Di akhir kegiatan MC Siti Nurhaida dan Sri Mulyaningsih mengumumkan pemenang pentas seni. Sebagai juara menyanyi/gerak lagu juara 1 kelas 7G, juara 2 kelas 7 J, dan juara 3 kelas 7I. Pentas seni tari juara 1 kelas 7J, juara 2 kelas 7 G, dan juara 3 kelas 7C.

Musikalisasi puisi juara 1 kelas 7I, juara 2 kelas 7G, dan juara 3 kelas 7F. sedangkan drama juara 1 kelas 7G, juara 2 kelas 7J, dan juara 3 kelas 7I.

Semua kelompok yang mendapat juara 1 akan mendapatkan hadiah yang menarik dari madrasah dan akan tampil pada kegiatan Olimpiade Matematika dan IPA SD/MI wilayah Kebumen timur di Kabupaten Kebumen yang akan dilaksanakan Selasa (06/02/2024) sekaligus dilaksanakan pelaksanaan Market Day kelas 8 di lokasi panggung gelar karya P5 dan P2RA MTs Negeri 3 Kebumen. (aw/nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN