MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

MTs Negeri 3 Kebumen Jadi Tuan Rumah Sosialisasi SNPDB MAN IC dan MAN PK


Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Rabu, 17  Januari 2024 menyelenggarakan koordinasi dan sosialisasi pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) dan Madarasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK) Surakarta tahun pelajaran 2024/2025. Kegiatan ini dilaksanakan di  Aula MTs Negeri 3 Kebumen.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  H. Juair S.Ag, MM M.Si, (Seksi Kurikulum dan Kesiswaaan Bidang Pendidikan Madrasah  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah),  H. Sukarno, MM (Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen), Kepala MTs Negeri Se-Eks Krisidenan Kedu, dan juga para Kasi. Penma Kemenag Se-Eks Krisidenan Kedu dengan jumlah peserta 56 Orang

Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda Seksi Kurikulum dan Kesiswaaan Bidang Pendidikan Madrasah  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah  H. Juair S.Ag, MM M.Si dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi kepada Kantor Kementerian Agama Kebumen.

“Selamat kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen yang telah meraih juara umum OSS (Olimpiade Sains Siswa) Madrasah,” ujar Juair.

Untuk peserta didik MAN IC Pekalongan dan MAN –PK Surakarta beliau berharap mayoritas diisi oleh peserta didik dari MTs di Jawa Tengah. Untuk itu beliau berharap kepala madrasah dan stakeholder di madrasah mensosialisasikan berjuang dengan sepenuh hati setulus hati untuk kemajuan bersama memberikan motivasi semangat solusi berbagai masalah yang dihadapi peserat didiknya untuk melanjutkan di MAN IC Pekalongan dan MAN –PK Surakarta.

Kepala Kementerian Agama Kebumen H. Sukarno, MM dalam kesempatan itu juga menyampaikan selamat datang kepada semua Kepala MTs Negeri Se-Eks Krisidenan Kedu dan juga para Kasi. Penma Kantor Kemenag Se-Eks Krisidenan Kedu. Menurut beliau Kebumen punya potensi yang luar biasa, banyak prestasi madrasah yang membawa harum nama baik Kebumen di tingkat provinsi maupun nasional. Beliau berharap dengan bukti prestasi yang gemilang  peserta didik MAN IC Pekalongan dan MAN –PK Surakarta mayoritas diisi siswa-siswi MTs Negeri di Kebumen.

Sebelum mengakhiri sambutan beliau membuka kegiatan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) dan Madarasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK) Surakarta tahun pelajaran 2024/2025 dengan  bacaan Bismillahirrohmanirrohim.

Kepala MAN IC Pekalongan Khoirul Anam, M.Pd.I menyampaikan peserta didik MAN IC Pekalongan dan MA–PK MAN 1 Surakarta mayoritas diisi oleh  MTs di Jawa Tengah untuk ke depannya bisa dipertahankan kembali. MAN IC menerapkan lingkungan madrasah yang mendukung malu ketika tidak belajar. Peserta didik yang masuk ke MAN IC bukan hanya dilihat dari nilai akademiknya saja tetapi juga daya juangnya. MAN IC membuka kelas CENDEKIA, DIGITAL, OSN, di MAN-IC Juga menguatkan daya sanding.

Drs. H. Slamet Budiyono, M.Pd Kepala MA-PK MAN 1 Surakarta dalam sosialisasinya menyampaikan bahwa penerapan pendidikan di MA-PK MAN 1 Surakarta menerapkan Pendidikan Tafaquh Fiddin. Pendidikan yang mengedepankan pembelajaran keislaman yang wasathiyah, moderat serta diharapkan peserta didik mampu memberikan solusi terhadap perkembangam zaman.

“Untuk biaya Rp. 1.200.000 per bulan dan tidak ada uang pangkal di MA-PK MAN 1 Surakarta,” urainya.

Beliau berharap banyak peserta didik dari MTs di Kedu yang bisa bergabung di MA-PK MAN 1 Surakarta. (aw/nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN