MTs Negeri 3 Kebumen Laksanakan UMBK dengan E-Learning


Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Penilaian hasil belajar di madrasah meliputi Penilaian Harian, Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun, dan Ujian Madrasah. Dalam rangka mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan secara akurat, MTsN 3 Kebumen menyelenggarakan Ujian Madrasah Berbasi Komputer (UMBK). Pelaksanaan UMBK kali ini sama dengan tahun sebelumnya yakni menggunakan E-Learning madrasah yang merupakan aplikasi resmi milik Kementerian Agama. Hal tersebut dikarenakan adanya virus covid-19 yang melanda sejak Maret 2020 lalu.

Sesuai Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 penyelenggaraan Ujian Madrasah diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing madrasah, termasuk penyusunan kisi-kisi dan soal ujian, kecuali kisi-kisi mata pelajaran rumpun PAI dan Bahasa Arab.

Pelaksanaan UMBK dimulai sejak Senin, 11 April 2022 sampai 25 April 2022. UMBK pada tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya meskipun sama-sama menggunakan E-Learning. Pelaksanaan UMBK tahun sebelumnya peserta didik mengerjakan melalui perangkat smartphone masing-masing sedangkan tahun ini dilaksanakan di madrasah dengan menggunakan fasilitas laboratorium komputer madrasah. “UMBK sendiri kan sebenarnya salah satu tool untuk evaluasi madrasah, jadi agar bisa melihat kualitas pembelajaran di madrasah kita menggunakan laboratorium karena dikhawatirkan jika menggunakan handphone akan ada kecurangan. Intinya untuk meningkatkan kualitas UMBK. Jujur Yes, Prestasi Oke,” tambah Mufid, M. PFis. selaku Wakil Kepala Bidang Akademik. Pelaksanaan UMBK dibagi menjadi empat sesi, dimulai pukul 07.00 s.d 14.30 WIB. Pengaturan tempat duduk peserta UMBK diatur oleh panitia dengan sistem acak setiap kelasnya. Disamping itu, peserta UMBK tidak bisa membuka aplikasi lain selain E-Learning hal tersebut bertujuan untuk meminimalkan kecurangan.

Menanggapi pelaksanaan UMBK, H. Jahroni, M.Pd.I selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen berharap UMBK berjalan lancar dan peserta didik mengedepankan kejujuran dalam pengerjaannya. “Dengan UMBK peserta didik dapat diukur kemampuannya secara tepat dan cermat, sehingga output lulusan MTsN 3 Kebumen dapat mempertanggungjawabkan keilmuannya dan mampu bersaing dengan sekolah atau madrasah lainnya,” imbuhnya.

 Meskipun sedang ada pelaksanaan UMBK, tetapi peserta didik kelas VII dan VIII tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasa. Pengawas UMBK yakni guru yang tidak ada jam mengajar pada hari tersebut sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar. (Tim Jurnalistik)

Copyright © 2020 - 2022 MTs NEGERI 3 KEBUMEN