MTsN 3 Kebumen Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Gerakan Nasional Aksi Bergizi


Kutowinangun- MTsN 3 Kebumen melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94  pada Jumat, 28 Oktober 2022 di halaman MTsN 3 Kebumen. Muhdir, M.Pd.I. selaku Kepala MTsN 3 Kebumen mejadi pembina upacara  diikuti oleh seluruh warga madrasah.

Peserta didik menggunakan seragam pramuka sedangkan guru dan karyawan memakai pakaian batik sesuai surat edaran nomor SE. 30 tahun 2022 tentang  pelaksanaan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 pada Kementerian Agama.

Kepala MTsN 3 Kebumen membacakan Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran untuk menyikapi sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Tema Sumpah Pemuda tahun ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa Bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Masa depan bangsa Indonesia ada pada diri kita, maka perlu kita siapkan mental untuk bisa menjalankan amanah. Anak-anakku yang saya cintai, kegiatan yang perlu diperhatikan dalam rangka menguatkan karakter tahfiz di MTsN 3 Kebumen maka pembelajaran tahfiz dimulai pukul 6.50 WIB. Diawali dengan pembacaan asmaul husna, shalawat, dan beberapa surat pendek Quran selama 10 menit kemudian dilanjutkan pembelajaran seperti biasa.” pesan Muhdir.

Selepas upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Gerakan Nasional Aksi Bergizi dengan tema Badan Sehat, Belajar Semangat. Kegiatan tersebut merupakan program Kementerian Agama RI bersama UNICEF yang dilaksanakan oleh madrasah dan sekolah yang sudah mengikuti pelatihan reaksi remaja aksi bergisi bulan sebelumnya.

Gerakan Nasional Aksi Bergizi diwujudkan dengan senam bersama dan makan bersama dngan menu sehat. MTsN 3 Kebumen juga bekerja sama dengan puskesmas Kutowinangun dalam  pemberian tablet tambah darah (TTD)  khusus peserta didik perempuan. (Tim Jurnalistik)

Copyright © 2020 - 2023 MTs NEGERI 3 KEBUMEN