MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

MTsN 3 Kebumen Verifikasi Data Menuju Sekolah Ramah Anak Tingkat Kabupaten


Sekolah atau madrasah merupakan salah satu tempat anak menimba ilmu. Maka, muncullah program pengembangan Sekolah Ramah Anak. Hal tersebut didasari oleh UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2013 Pasal 1 dan UU No.23 Tahun 2002 Pasal 4 tentang perlindungan anak. Berdasarkan UU tersebut, MTsN 3 Kebumen berupaya melaksanakan program Sekolah Ramah Anak.

Verifikasi Sekolah Ramah Anak dilaksanakan Selasa, 19 Juli 2022 bertempat di Perpustakaan MTs Negeri 3 Kebumen. Verifikasi dilakukan oleh Muhsinul Mubarok, S.Pd., M.Si. verifikator dari Dinas Sosial Kabupaten Kebumen dan Siti Hasanah,S.Pd. verifikator dari Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutannya, H.Jahroni, M.Pd.I selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen berharap tim verifikator memberikan bimbingan, saran, dan masukan kepada MTs Negeri 3 Kebumen untuk mengembangkan Sekolah Ramah Anak.

“Mohon bimbingan dan arahannya untuk madrasah kami sehingga ke depan MTs Negeri 3 Kebumen bisa mendapatkan predikat Sekolah Layak Anak.” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan verifikasi data dan peninjauan langsung di lapangan. Jumlah komponen yang ada dalam program Sekolah Ramah Anak berjumlah enam komponen. Masing-masing tim setiap komponen menyerahkan berkas kepada verifikator untuk dilakukan pengecekan. Selain pengecekan data, tim verifikator juga meninjau secara langsung kondisi di MTs Negeri 3 Kebumen apakah menunjang Sekolah Ramah Anak atau tidak.

Muhsinul selaku verifikator menegaskan, sekolah/madrasah harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta didiknya.

“Sekolah atau madrasah harus memberikan rasa aman, nyaman, dan melindungi hak-hak anak, serta tidak ada diskriminasi terhadap anak,” tegasnya.

Dengan peninjauan lapangan dan verifikasi data tersebut, diharapkan bisa mengarahkan MTs Negeri 3 Kebumen menuju Sekolah Ramah Anak tingkat kabupaten. MTs Negeri 3 Kebumen terus mengembangkan diri supaya bisa menjadi madrasah yang aman dan nyaman bagi peserta didik. (TIM Jurnalistik)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN