MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Pemahaman tentang Hidup Sehat, MTs Negeri 3 Kebumen Menggandeng Puskesmas Kutowinangun


Dalam rangka memberikan pemahaman tentang pentingnya hidup sehat, selalu menjaga kesehatan baik diri maupun lingkungan, MTsN 3 Kebumen menggandeng Puskesmas untuk memberikan sosialisasi. Sosialisasi diberikan kepada seluruh peserta didik kelas VII dan kelas VIII. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yaitu Rabu, 15 Juni 2022 untuk kelas VII, sedangkan kelas VIII akan dilaksanakan Sabtu, 18 Juni 2022.

Dalam sosialisasi tersebut Elis Endroyani, A.Md. Kebidanan selaku narasumber pertama menyampaikan tentang bahayanya penyakit HIV (Human Immunodeficiency Virus) atau penyakit yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh.bagi manusia. Elis menguraikan tentang pengertian, gejala, penyebab, dan cara pencegahannya. “Untuk pencegahannya di antaranya jangan coba-coba, tingkatkan iman dan takwa, dan taat aturan agama” tegas Elis.

Sementara narasumber yang kedua Desy Surya Aming Lestari, S. K. M. sebagai penyuluh Kesehatan mengambil materi tentang PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Pola hidup sehat sebetulnya terdiri dari 16 indikator, 6 di antaranya berhubungan dengan perilaku manusia. Aktivitas diri, makanan gizi seimbang, tidak merokok, cuci tangan pakai sabun, tiadak BAB sembarang tempat. “Tujuan untuk meningkatkan derajat Kesehatan karena 30%  dari peningkatan derajat kesehatan dipengaruhi oleh perilaku manusia,” imbuh Desy.

Dalam kesempatan tersebut H. Jahroni, M. Pd. I selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen menyambut baik akan kegiatan sosialisasi kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas. “Peserta didik akan menjadi lebih paham tentang arti pentingnya sehat untuk diri sendiri maupun lingkungannya,” tambah Jahroni.

Kegiatan ditutup dengan tanya jawab antara peserta didik dengan narasumber. Sampai akhir kegiatan masih terlihat antusias dan keingintahuan peserta didik tentang HIV. Diharapkan adanya kegiatan ini akan membekali peserta didik mengenai penyakit HIV dan PHBS sehingga lebih berhati hati dalam bergaul dan menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN