MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Peringati World Cleanup Day, MTs Negeri 3 Kebumen Adakan Kerja Bakti Pemilahan Sampah


World Cleanup Day (WCD) merupakan kegiatan yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sejak 2018 lalu. Sebagai Madrasah Adiwiyata, MTs Negeri 3 Kebumen turut peringati WCD tersebut. MTs Negeri 3 Kebumen mengajak seluruh warga madrasah untuk melakukan kerja bakti dan pemilahan sampah pada Sabtu (24/9).

Kegiatan dimulai setelah pelaksanaan apel peringatan WCD yang dilaksanakan di lapangan sebelah utara pukul 13.00 s.d selesai. Apel hanya diikuti oleh tim kader lingkungan (Kaling) dan Bapak/ Ibu guru yang bukan wali kelas.

Sedangkan wali kelas mendampingi kelasnya masing-masing untuk melaksanakan kerja bakti. Selanjutnya, peserta didik diwajibkan memilah sampah sesuai jenisnya. Sampah dimasukkan ke plastik yang sudah disiapkan oleh tim Kaling sesuai dengan jenisnya yaitu sampah daun, kertas, dan plastik. Tanpa menghiraukan panas dan cucuran keringat, peserta didik tetap semangat melaksanakan kegiatan tersebut. Terbukti bank sampah penuh dengan hasil pilahan setoran dari masing-masing kelas.

"Setelah sampah dipilah, perwakilan kelas harus menyetorkan sampah pilahan tersebut ke bank sampah madrasah," ujar Hj. Romlah Khomsiyah, S.Pd. selaku koordinator kader lingkungan (Kaling) MTs Negeri 3 Kebumen.

Dalam kegiatan itu Muhdir, M. Pd. I selaku kepala madrasah mendukung kegiatan tersebut dan akan selalu menjalankan setiap tahunnya dengan dukungan semua warga madrasah.

"Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan kepedulian warga madrasah dalam kebersihan lingkungan sekitar dan pengelolaan sampah," tegas Muhdir.

Selain untuk memperingati WCD, kegiatan kerja bakti tersebut juga untuk persiapan PTS yang akan dilaksanakan mulai pekan depan. 

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN