MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Ratusan Siswa SD/ MI Ikuti OLMIPA di MTs Negeri 3 Kebumen


Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kebumen menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Matematika dan Olimpiade IPA (OLMIPA) pada Selasa (06/02/2024). Peserta yang mengikuti OLMIPA seluruhnya berjumlah 370 terdiri dari 244 IPA dan 126 Matematika. Peserta   berasal dari SD/MI Wilayah Kebumen timur.

Dalam sambutanya kepala MTs Negeri 3 Kebumen Muhdir M. Pd. I. menyampaikan tujuan dan beberapa harapan kepada peserta OLMIPA.

“Kegiatan ini bisa mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan siswa serta dapat mengembangkan bakat minat siswa di bidang Matematika dan IPA,  sehingga dapat berkreasi serta melakukan inovasi sesuai kemampuan,” urai Muhdir.

Beliau juga menyampaikan kepada siswa-siswi yang berminat mendaftarkan diri di MTs Negeri 3 Kebumen segera mendaftar karena MTs N 3 Kebumen dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). PPDP di MTs Negeri 3 Kebumen menerapkan mekanisme one day servis.

“Jadi hari itu mendaftar langsung tes dan pengumuman. Pada tahun ini kami hanya menerima 128 siswa program full day school dan 192 program reguler total kuota yang diterima hanya 320 siswa. Bila kuota terpenuhi secara otomatif pendaftaran akan ditutup. Bagi anak-anak yang berminat jangan sampai telambat,” tambah Muhdir.

Setelah selesai mengerjakan soal peserta OLMIPA diberi hiburan pementasan dramband  Bahana Suara Matsaga yang sangat memukau dan membuat anak-anak SD/MI terpesona dan senang karena melihat atraksi para pemain drumband. Usai drumband anak-anak SD/ MI sambil menunggu pengumuman diberikan hiburan pentas tari nusantara, musikalisasi puisi, gerak dan lagu, serta pementasan drama. Para pemain merupakan juara 1 dalam gebyar pentas  seni dalam rangka menggali potensi bakat dan minat peserta didik yang dikemas dalam kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasiala (P5) dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5-RA). Di sela-sela hiburan peserta diberikan ratusan door prize dan kupon seharga Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah) untuk ditukar dengan jajanan hasil karya kelas 8 Market Day MTs Negeri 3 Kebumen.

Setelah pembagian door prize dan hadiah, Waka Kurikulum Mistam M. Pd. menyampaikan hasil juara OLMIPA. Untuk IPA   juara 1 Tasya Nur  Aulia dari SDIT Al-Furqon, juara 2 Saif Hanif Ahsanul Jihaada dari SD Negeri Tanjungsari, juara 3 Azka Muhammad Hafuza dari SD Negeri Argopeni. Sedangkan juara harapan 1 Fikrotun Nadhifah dari MI Ma’arif Tanjungsari,  juara harapan 2 Dimas Setyo Wibowo dari SD Negeri 2 Mekarsari,   dan juara harapan 3   Nurul Syifa Farhani dari SD Islam Al-Furqon.

Olimpade matematika untuk juara 1 diraih Reina Malva Filbertha dari SD Negeri 2 Mekarsari, juara 2 Mustafid Fadli dari SD Negeri Tanjungsari, juara 3 Khoirin Aulia Anjani dari SD Negeri Penekat. sedangkan juara harapan 1 diraih oleh Musthofa Antonio Ramadhan dari SD Negeri Kabuaran,  juara harapan 2 Asfara Fadla Annabila dari SD Negeri Sidomukti,  juara harapan 3  Zahra Syifa Assyafani dari SD  Negeri Argopeni.

Peserta yang meraih juara 1, 2, 3  dan harapan 1, 2 dan 3 diberikan uang pembinaan dan piala. Peserta peraih juara di OLMIPA yang mendaftarkan diri di MTs Negeri 3 Kebumen akan diberikan  1 paket seragam gratis  senilai Rp800.000,00. (aw/nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN