MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Reorganisasi OSIS MTs Negeri 3 Kebumen Periode 2021/2022


MTs Negeri 3 Kebumen kembali melaksanakan reorganisasi OSIS. Seiring dengan dilaksanakannya PTM (Pembelajaran Tatap Muka), kini OSIS MTs Negeri 3 Kebumen mencoba bangkit kembali setelah fakum akibat pendemi covid-19. Reorganisasi OSIS ini dimulai tanggal 11 sampai 14 Desember 2021. Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan atau biasa dikenal dengan LDK menjadi pembuka rangkaian acara reorganisasi OSIS pada tahun ini. LDK berlangsung selama dua hari yaitu pada hari Sabtu-Minggu (11-12/12). Acara dibuka langsung oleh Kepala Madrasah MTs Negeri 3 Kebumen yaitu H. Jahroni, M.Pd.I.. Dengan adanya LDK diharapkan mampu menumbuhkan sikap kepemimpinan bagi para calon anggota OSIS. Dari LDK yang diadakan, terpilih enam calon ketua OSIS periode 2021/2022 yaitu Gladys Zulfairuz, Zakiyatul Husna, Dzakwan Ghiffari Wibowo, Farid Dava Hilmi, Sukron, dan Muhammad Hamdan Rifa’i.

Tahap selanjutnya, para calon ketua OSIS berorasi menyampaikan visi misi jika terpilih menjadi ketua OSIS Senin (13/12) di halaman depan Ruang Guru MTs Negeri 3 Kebumen. Acara tersebut dipandu langsung oleh Wakil kepala Kesiswaan yaitu Iwan Budiyanto, S.Pd. Orasi ini juga disaksikan oleh warga madrasah seperti siswa, guru maupun karyawan dengan tujuan melatih mental para calon ketua OSIS, melatih sportifitas  dan utamanya semua warga madrasah mengetahui apa saja visi misi yang akan diterapkan jika menjadi ketua OSIS pada periode ini. “Tujuan kami untuk melaksanakana kegiatan pemilihan ketua OSIS adalah dalam rangka meningkatkan rasa sportifitas dan rasa persatuan antarsiswa, yang kedua mengembangkan pembelajaran demokrasi di madrasah sekaligus dalam rangka untuk melakukan reorganisasi kepengurusan OSIS yang memang sejak Juli kemarin OSIS lama sudah berakhir masa baktinya. Itu pun sudah terlambat karena karena sudah memasuki bulan Desember.” penjelasan Iwan.

Pemilihan ketua OSIS tahun ini pun berbeda dengan tahun sebelumnya, pasalnya pemilihan suara dilakukan secara daring. “Pemilihan ketua OSIS kali ini memang  menggunakan pola daring karena  masih harus mengikuti tim gugus covid-19 di Kebumen bahwa hanya boleh membuat kerumunan tidak lebih dari 50 orang. Oleh karena itu, dalam rangka menaati peraturan itu pelaksana mengambil sikap menggunakan sistem daring dengan cara  membuat link melalui google form. Justru ini dalam rangka untuk menjalankan protokol kesehatan dalam masa pandemi covid-19” tegas Iwan selaku ketua panitia pemilihan ketua OSIS. Mekanisme pemilihan secara daring ini yaitu panitia membagikan link  pemilihan kepada seluruh warga madrasah mulai dari pukul 7:00 sampai dengan pukul 10:00. Dengan sistem daring, pemilihan ketua OSIS lebih efisien karena biasanya jika dilakukan secara langsung akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, menurut Iwan kekurangan dari sistem daring ini  siswa kurang memiliki pengalaman tentang proses pemungutan suara yang biasanya dilakukan di Indonesia.

Dari hasil pemungutan suara secara daring, terkumpul 888 suara. Dengan rincian perolehan suara: Gladyz Zulfairuz 337 suara, Zakiyatul Husna 174 suara, Muh. Hamdan Rifai 168 suara, Dzakwan Ghiffary W 103 suara, Farid Dava Hilmi 60 suara, dan Sukron 46 suara. Dari perolehan suara tersebut maka, ketua OSIS terpilih periode 2021/2022 yaitu Gladys Zulfairuz. Wakil ketua Zakiyatul Husna. Sekretaris I: Muh. Hamdan Rifai 8J, Sekretaris II : Dzakwan Ghiffary W 8I, Bendahara I : Farid Dava Hilmi 8I, Bendahara II: Sukron 8H. 

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN