MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Sabtu Berbagi, Tim IKM-BK Berikan Diseminasi Perangkat Pembelajaran


Kebumen, Sabtu (20/7/2024) Tim Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas (IKM-BK) MTs Negeri 3 Kebumen, menyampaikan diseminasi perangkat pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh semua guru yang membahas tentang IKM-BK dan dilaksanakan di ruang guru.

Narasumber pertama diseminasi Muhamad Anwarudin, M. Pd.  menyampaikan cara menyusun tujuan pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

“Pastikan memenuhi dua komponen. Pertama,  kompetensi yaitu kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang menunjukkan telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran (TP). Kedua, konten. Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran. Setelah menyusun TP melanjutkan menyusun  alur tujuan pembelajaran (ATP). Tujuan pembelajaran yang telah dikembangkan pada tahap sebelumnya akan diatur sebagai urutan yang secara sistematis dan secara logis dari awal hingga akhir fase. Alur tujuan pembelajaran juga perlu diatur secara linier, satu arah, dan tidak bercabang. Sebagai urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari,” jelas Anwar.

Sementara Lestari Budi Utami, S. Pd. selaku narasumber ke dua menyampaikan materi dalam mempraktikkan Kurikulum Merdeka.

“Guru diharapkan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran itu merupakan suatu pendekatan yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, siswa diberikan pilihan-pilihan yang bervariasi dalam hal materi pembelajaran, metode pengajaran, dan penilaian. Tujuan utama dari pembelajaran berdiferensiasi adalah untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat mencapai potensi maksimal. Mereka akan merasa termotivasi dalam proses belajar. Salah satu cara untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka adalah dengan memberikan pilihan pada siswa dalam memilih materi pembelajaran. Siswa diberikan kebebasan untuk memilih topik yang mereka minati dan ingin dipelajari lebih lanjut,” jelasnya.

Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, Muhdir M. Pd. I dalam pengarahannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan Sabtu Berbagi oleh tim IKM-BK.

“Kegiatan ini merupakan forum kegiatan bagi para guru untuk menyelesaikan berbagai solusi terkait problematika proses pembelajaran di madrasah. Tim IKM-BK harus bergerak secara optimal karena MTs Negeri 3 Kebumen satu-satunya madrasah yang menjadi pilot project IKM-BK Kebumen untuk tingkat MTs,” jelas Muhdir.

Selama enam bulan ke depan, Tim IKM BK akan dibimbing oleh BDK Semarang. Dalam Sabtu Berbagi ini diharapkan tim dan semua guru memanfaatkan momentum baik ini, selalu semangat untuk memperdalam materi IKM-BK, dan dapat menerapkan  pembelajaran yang efektif, serta dapat merancang sebuah proses pembelajaran yang efektif dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran bagi peseta didik. (aw/nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN