Sosialisasi Kenakalan Remaja & Tata Tertib Lalu Lintas MTsN 3 Kebumen Gandeng Polsek Kutowinangun


Dalam rangka mencegah kenakalan remaja dan menumbuhkan kesadaran berlalu lintas, MTs Negeri 3 Kebumen menggandeng Polsek Kutowinangun. Polsek Kutowinangun memberikan sosialisasi terkait tata tertib berlalu lintas dan kenakalan remaja. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula MTs Negeri 3 Kebumen diikuti oleh peserta didik kelas VII dan VIII. Kegiatan berlangsung selama 2 hari yaitu Selasa, 14 Juni 2022 diikuti oleh kelas VII sedangkan pada Sabtu, 18 Juni 2022 untuk kelas VIII.

Sosialisasi tersebut menghadirkan dua narasumber. Narasumber pertama yaitu Aiptu Muadin selaku Kanit Binmas (Bimbingan Masyarakat) dan Narasumber kedua yaitu Aipda Khasan Rofi’i, S.H. dari Unit Lantas Polsek Kutowinangun.

Dalam Sosialisasi tersebut, Aiptu Muadin menjelaskan mengenai kenakalan remaja. Menurutnya hal itu perlu dijelaskan kepada anak-anak remaja guna mencegah kenakalan remaja. “Siswa usia MTs termasuk ke dalam remaja awal dan biasanya kenakalan remaja di mulai dari seusia itu sehingga perlu diberikan pengetahuan sedini mungkin agar tidak salah berteman, tidak terjerumus kepada perilaku menyimpang seperti merokok, minuman keras, narkoba. Sehingga kita perlu menjelaskan bahwa perilaku menyimpang itu perlu dihindari. Seperti anak Punk itu kan rata-rata usia SMP, kalau seusia SMP/MTs sudah  terjerumus ke dalam dunia seperti itu ya akan susah dikendalikan. Jadi intinya untuk mencegah kenakalan remaja.” imbuhnya.

Sementara narasumber kedua, Aipda Khasan Rofi’i,S.H. menjelaskan terkait etika dan tata tertib  lalu lintas. Meskipun anak-anak seusia SMP/MTs belum diperbolehkan menggunakan kendaraan sendiri, akan tetapi pengetahuan terkait etika dan tata tertib berlalu lintas perlu dijelaskan sedini mungkin. “Perlu kita ketahui bahwa di jalan, kita mempunyai hak yang sama maka dari itu kita di jalan juga memerlukan etika supaya tidak merugikan orang lain maupun diri sendiri. Meskipun secara fisik anak-anak usia SMP sudah bisa berkendara akan tetapi secara psikis masih labil sehingga belum bisa mengontrol emosi di jalan. Sehingga kita berikan pengetahuan sedini mungkin mengenai etika berlalu lintas.” tegasnya.

H. Jahroni, M.Pd. I. Selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen menyambut baik kegiatan sosialisasi tersebut. Jahroni berharap dengan adanya sosialisasi tersebut peserta didik MTs Negeri 3 Kebumen dapat terhindar dari kenakalan remaja dan bisa memahami aturan dan etika yang berlaku di jalan saat berkendara. “Semoga adanya kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan kepada peserta didik di MTs Negeri 3 Kebumen untuk lebih berhati-hati dalam bergaul dan memahami etika berkendara di jalan raya.” imbuhnya.

Peserta didik terlihat antusias sejak awal hingga akhir kegiatan. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan peserta didik lebih memahami cara bergaul dan memilih teman untuk menghindari pergaulan bebas dan perilaku menyimpang, serta memahami etika di jalan raya.

 (TIM JURNALISTIK MATSAGA)

Copyright © 2020 - 2022 MTs NEGERI 3 KEBUMEN