MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Tekankan Pentingnya Adaptasi, MTs Negeri 3 Kebumen Laksanakan Matsama


Pada awal Tahun Pelajaran 2022/2023, MTs Negeri 3 Kebumen melaksanakan Masa Taaruf Siswa Madrasah atau biasa disebut dengan Matsama. Matsama merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah kepada peserta didik baru yang digelar setiap tahun pelajaran baru.  Matsama MTs Negeri 3 Kebumen dimulai hari Senin (18/7) hingga Sabtu (23/7). Pelaksanaan Matsama dibuka dengan upacara pembukaan Matsama pada Senin, 18 Juli 2022.

Upacara pembukaan Matsama dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah MTs Negeri 3 Kebumen, yaitu H. Jahroni, M.Pd.I. Dalam sambutannya, Jahroni mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta didik baru MTs Negeri 3 Kebumen.  Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta didik untuk mulai menyesuaikan diri dalam mematuhi tata tertib madrasah.

“Mari kita bergerak bersama untuk menyesuaikan diri. Pahami aturan dan tata tertib madrasah sehingga pada akhirnya tidak menyesal karena perbuatan kalian sendiri yang tidak sesuai dengan tata tertib di madrasah. Maka dari itu mari kita taati aturan demi kebaikan kita bersama,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Jahroni juga meminta doa dan dukungan dari seluruh warga MTs Negeri 3 Kebumen untuk Ananda Ibnu Baihaqi yang akan maju mengikuti OSN Tingkat Nasional Bidang IPS.

Di akhir upacara pembukaan Matsama, madrasah memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berprestasi. Peserta didik yang mendapatkan juara 1, 2, 3 di masing-masing kelas dan juara paralel masing-masing angkatan. Hal tersebut bertujuan  memotivasi peserta didik lain untuk saling berlomba meraih prestasi.

Lanjutnya, Matsama akan diisi dengan kegiatan-kegiatan edukatif yang menyenangkan dan akan melatih kedisiplinan serta mental peserta didik baru. Menariknya pada Matsama tahun ini selain peserta didik baru, peserta didik kelas VIII dan IX juga mengikuti kegiatan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) yang dibimbing langsung oleh prajurit TNI dari Koramil Kutowinangun.

"Kelas VIII dan IX wajib mengikuti pelatihan kedisiplinan yang dilatih oleh TNI untuk melatih kembali sifat kedisiplinan yang selama pendemi tidak dilatih," ujar Iwan Budiyanto, M.Pd. selaku Wakil Kepala Bagian Kesiswaan.

Matsama diharapkan menjadi kegiatan yang mampu menjadi ujung tombak terbentuknya peserta didik yang tertib, disiplin, betanggung jawab dan bermoral. (TIM Jurnalistik)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN