Tiga Ratus Tiga Puluh Satu Siswa MTs Negeri 3 Kebumen di-screening Puskesmas


Selasa, 9 Agustus 2022 semua siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Kebumen yang berjumlah 331 di-screening tim Puskesmas Kutowinangun. Kegiatan ini langsung ditangani oleh Palang Merah Remaja (PMR) pangkalan 02.04.28.2.59. Petugas dari Puskesmas diwakili oleh 4 orang yaitu 1 putra 3 putri.

Sugiarto selaku perwakilan Puskesmas Kutowinangun menyampaikan tujuan diadakan screening untuk menjaring dan mendata siswa yang mempunyai masalah kesehatan. Dari data tersebut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan memetakan kondisi kesehatan pelajar dengan harapan ketika ada bantuan kesehatan akan tepat sasaran, Adapun screening yang dilakukan meliputi pemeriksaan mata, membaca angka, mulut, telinga, tinggi dan berat badan. Sugiarto juga menegaskan diharapkan  anak-anak yang mempunyai masalah kesehatan setelah discreening bisa konsultasi ke Puskesmas atau ke dokter spesialis yang mampu menanganinya.

“Siswa yang bermasalah dalam Kesehatan akan dilaporkan ke Dinas Kesehatan kabupaten sampai ke pusat,” ujar Sugianto.

H. Jahroni, M. Pd. I selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen menambahkan pelaksanaan program screening ini didampingi pembina dan pengurus PMR serta BK. Dengan screening ini diharapkan semua siswa yang mempunyai masalah kesehatan fisik khususnya, mata, telinga, mulut, dapat diatasi sedini mungkin oleh pihak madrasah maupun orang tua.

“Jadi siswa yang akan di-screening tidak usah takut karena hasil dari tes tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri,” tegasnya.

Tindak lanjut screening akan dilaporkan ke madrasah dan orang tua siswa yang mempunyai masalah, agar siswa tersebut segera diberi solusi penanganan kesehatannya, sehingga dalam proses belajar mengajar di kelas tidak terganggu. (Nh/MA)

Copyright © 2020 - 2022 MTs NEGERI 3 KEBUMEN