MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Tim Kaling MTs Negeri 3 Kebumen Beraksi Merawat dan Menanam Kembali Toga di Masa Pandemi Covid-19


      Tanaman obat  keluarga atau yang biasanya disebut TOGA adalah jenis tanaman yang bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Jenis tanaman TOGA adalah kunyit, jahe, kencur, temulawak, lengkuas, seledri, daun dewa, sirih, brotowali, daun kemangi, dan lidah buaya.

        Tim Kaling MTs Negeri 3 Kebumen Kamis (18/2/2021) di masa Pandemi Covid-19 tetap semangat untuk melakukan perawatan dan penanaman TOGA di Green House. Hal ini dilakukan Tim Kaling karena tanaman obat keluarga sudah dilestarikan selama ini.

     Romlah, koordinator Tim Kaling, menyampaikan bahwa dengan perawatan dan penanaman TOGA ini semoga mendapatkan hasil yang diharapkan karena TOGA ini banyak manfaat diantaranya sebagai obat tradisional, bumbu pelengkap masakan, dan estetika apabila ditata rapi. Selain itu, warga madrasah juga diharapkan dapat  mengetahui berbagai manfaat dari TOGA tersebut.    

      Kegiatan ekstrakurikuler Kaling merupakan salah satu wadah pembinaan terhadap peserta didik dalam pembelajaran TOGA. Biasanya kegiatan perawatan dan penanaman TOGA ini dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Kaling. Namun saat ini, perawatan dan penanaman TOGA tidak bisa terlaksana dalam kegaiatan ekstrakurikuler Kaling  karena masa Pandemi Covid-19.

        Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, Jahroni, M.Pd. I mengapresiasi keuletan Tim Kaling karena tetap semangat berusaha membudidayakan TOGA dan mengembangkan kegiatannya walau di masa Pandemi, beliau juga berpesan Protokol Kesehatan Covid-19 tetap dipatuhi dalam menjalankan kegiatan ini. (sm)

 

                

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN