MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Tujuh Puluh Tujuh Siswa Kelas Tahfiz Ikuti Mabit di MTs Negeri 3 Kebumen


Kutowinangun (11/12/2023)- Tujuh puluh tujuh siswa kelas tahfiz ikuti Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) di MTs Negeri 3 Kebumen. Kegiatan itu dilaksanakan selama 2 hari yang dimulai Sabtu-Ahad, 9-10 Desember 2023. Mabit siswa kelas  tahfiz ini merupakan salah satu program unggulan dengan bermalamdi MTs Negeri 3 Kebumen dan mengambil tema “Raih Hidayah Semangat Menghafal Quran Terwujudnya Insan Qurani”.

Dalam acara pembukaan, Samsul Anam menyampaikan tujuan kegiatan Mabit untuk meraih hidayah semangat menghafal quran dan meningkatkan anak-anak menjadi generasi muslim yang qurani. Mabit ini tidak hanya diikuti oleh kelas tahfiz saja tetapi juga diikuti dari kelas regular. Jumlah keseluruhan kelas tahfiz 60 siswa dan kelas regular 17 siswa. Peserta berasal dari kelas 7, 8, dan 9 di tahun pelajaran 2023/2024.

Muhdir selaku Kepala MTs Negeri 3 Kebumen melalui Wakakur Mistam memberikan sambutannya dengan memberikan semangat kepada peserta bahwa jaminan Allah swt bagi penghafal quran di antaranya jenazahnya akan utuh.

“Ayo anak-anak semangat untuk menjadi penghafal Quran supaya jenazah kalian tetap utuh sampai hari akhir,” urai Mistam.

Mistam juga menambahkan bahwa pemerintah juga akan memberi beberapa penghargaan untuk penghafal Quran.

“Yang hafal 10 juz akan mendapat biasiswa penuh ke Fakultas Kedokteran, 5 juz bisa masuk ke Polri dan TNI termasuk fisik bila memenuhi,” tambahnya.

Selama 2 hari peserta Mabit melaksanakan beberapa kegiatan di antaranya salat berjamaah sesuai waktunya, murojaah dengan bergantian menyimak, hafalan beberapa surat dan langsung disetorkan ke guru pembimbingnya, dan setelah salat berjamaah peserta juga tadarus bersama (muqaddaman) selama sehari semalam memperoleh 2 majlis kataman Quran.

Puncak dari kegiatan Mabit adalah Tasmi’ surah Al Baqoroh dengan diambil peserta yang paling baik di antara peserta lainnya. Tasmi’ merupakan memperdengarkan sehingga wajib ada pendengar atau pemyimak dengan tujuan mengevaluasi kualitas hafalan.

Peserta yang mendapatkan penghargaan di antaranya untuk Jenjang kelas 9 atas nama Afifah Santun Larasati dengan perolehan hafalan juz 30, 1, 2, dan 3. Jenjang kelas 8 atas nama Suci Nur Aini dengan perolehan hafalan juz 30, 1,2, dan 3. Jenjang kelas 7 atas nama Meyriska Nur Safaah dengan perolehan hafalan juz 30 dan 1.

Dari rangkaian acara tersebut semuanya berjalan lancar. Peserta mengharapkan kegiatan di tahun yang akan datang tetap diprogramkan. Acara Mabit ditutup tepat pukul 14.30 dengan doa bersama dipimpin ketua panitia. (nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN