MTS NEGERI 3 KEBUMEN
Madrasah Tahfiz Berkarakter Juara
Terwujudnya Insan yang Bertaqwa, Berbudaya, Berprestasi, Inovatif dan Berwawasan Lingkungan



[email protected]     (0287) 661262     RSS

Upaya Penguatan Moderasi Beragama, MTs Negeri 3 Kebumen Peringati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW


Kutowinangun, Isra Mikraj merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam karena mengisahkan perjalanan rohani Nabi Muhammad SAW dan sebagian orang meyakini kisah yang menakjubkan ini terjadi pada bulan Rajab. Begitu juga MTs Negeri 3 Kebumen telah memperingati kegiatan tersebut. Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dilaksanakan Rabu, 8/2/2023 di Masjid Al Ghufron Kutowinangun.

Kegiatan Isra Mikraj diikuti oleh semua warga madrasah baik siswa, guru dan pegawai. Siswa kelas 7, 8, 9 yang berjumlah 944 mengikuti acara dengan tertib. Kegiatan tersebut menghadirkan mubalig dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Fatkhurohman, S. Ag.

Acara diawali tepat pukul 08.00 dengan penampilan grup Hadroh Tibbil Qulub dengan melantunkan beberapa sholawat. Alunan sholawat juga diikuti semua yang hadir.

H. Edy Warsono, M. Pd. selaku ketua panitia menyampaikan tujuan dilaksanakan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW adalah salah satu penerapan moderasi beragama dan permohonan kepada hadirin untuk mengikuti acara dengan sebaik-baiknya dan mengharapkan untuk tidak meninggalkan sampah di masjid.

Kepala MTs Negeri 3 Kebumen melalui Waka Kesiswaan Iwan Budiyanto, M. Pd.  menyampaikan sambutannya bahwa Isra Mikraj mempunyai makna dua garis yaitu Isro garis vertikal yakni hubungan manusia dengan Allah swt. Miroj garis horisontal hubungan manusia dengan manusia atau sesama.

"Menjaga hubungan dengan Allah swt dengan cara rajin melaksanakan salat dan mengikuti kegiatan keagamaan, " jelas Iwan.

Dalam ceramahnya Fatkhurohman menyampaiakan hikmah memperingati Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW adalah untuk menambah keyakinan dan keimanan kepada Allah swt. “Apa yang kita lakukan akan mendapatkan balasan dari Allah swt dan cara meningkatkan keimanan dengan melaksanakan salat lima waktu tepat waktu,” tegas Fatkhurohman.

Fatkhurohman juga menambahkan hikmah dari Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW adalah jangan meninggalkan salat karena salat dapat menolong kita di akherat dan harus menyayangi antarsesama karena akan mendapatkan kebahagiaan di akherat.

Di akhir ceramah Fatkhurahman mengharapkan setelah mengikuti kegiatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW siswa semakin yakin dan mantap untuk mencintai Rosulullah dengan sering membaca sholawat. (nh)

Copyright © 2020 - 2024 MTs NEGERI 3 KEBUMEN